EVALUASI KLASIFIKASI KATEGORI PEMBAYARAN SPP DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR (UINAM) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING

ZURRAEDAH, . (2018) EVALUASI KLASIFIKASI KATEGORI PEMBAYARAN SPP DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR (UINAM) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KLASIFIKASI KATEGORI PEMBAYARAN SPP DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR (UINAM) TAHUN AKADEMIK 2017/2018 MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING)
3. Zurraedah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu prioritas terpenting bagi sebagian besar masyarakat, bagaimana pendidikan adalah wajah sebuah bangsa dan memainkan peranan penting untuk kemajuan bangsa itu sendiri. Sebagian dari masyarakat memiliki harapan yang besar untuk dapat melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang yang paling tinggi, maka mereka akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan dan permasalahan. Pada tahun 2013 pemerintah mulai mengupayakan pemerataan pendidikan di tingkat perguruan tinggi negeri dengan menerapkan sistem pembayaran baru yang disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan suatu upaya untuk mewujudkan biaya kuliah yang murah diseluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sistem yang digunakan adalah subsidi silang, di mana orang yang mampu secara ekonomi (kaya) memberi subsidi kepada yang kurang mampu (miskin). Namun dalam pelaksanaannya pengelompokan UKT mahasiswa masih jauh dari kata tepat sasaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya evaluasi pengklasifikasian kategori UKT untuk perbaikan sistem pengelompokan UKT. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melakukan evaluasi klasifikasi kategori UKT untuk melihat karakteristik dari masing-masing kelompok UKT dengan menggunakan metode K-means Clustering berdasarkan indikator kemempuan ekonomi mahasiswa kemudian membandingkan hasil yang diperoleh dengan ketentuan kategori UKT yang telah ditetapkan oleh pihak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) UINAM. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan hasil pengelompokan UKT yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan hasil evaluasi k-means clustering. Persentase kesamaan hasil clustering yaitu sebesar 54,33% sedangkan persentase perbedaan hasil clustering yaitu sebesar 45,67%. Kata Kunci: Pendidikan, Uang Kuliah Tunggal (UKT), K-Means Clustering

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jun 2019 09:04
Last Modified: 29 Jun 2019 09:04
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/327

Actions (login required)

View Item View Item