IMPLEMENTASI METODE VECTOR AUTOREGRESSIVE (VAR) DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDUDUK DATARAN RENDAH DAN DATARAN TINGGI (STUDI KASUS : KABUPATEN GOWA)

NURWAHYU, AGUSTINA (2018) IMPLEMENTASI METODE VECTOR AUTOREGRESSIVE (VAR) DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDUDUK DATARAN RENDAH DAN DATARAN TINGGI (STUDI KASUS : KABUPATEN GOWA). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE VECTOR AUTOREGRESSIVE (VAR) DALAM MERAMALKAN JUMLAH PENDUDUK DATARAN RENDAH DAN DATARAN TINGGI (STUDI KASUS : KABUPATEN GOWA))
1. NURWAHYU%20AGUSTINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan metode Vector Autoregressive (VAR) dalam peramalan jumlah penduduk. Kabupaten Gowa terbagi menjadi 2 wilayah yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Luas kabupaten Gowa adalah 1.883,33 km 3 , luas dataran tinggi sekitar 72.26 % dan dataran rendah 27,74% yang masing-masing meliputi 9 kecamatan. Berdasarkan data BPS Gowa tahun 2016 jumlah penduduk dataran tinggi yaitu 187.900 jiwa dan dataran rendah yaitu 577.613 jiwa. Metode vector autoregressive (VAR) ialah metode time series dari Autoregressive (AR) jika data univarat dan Vector autoregressive (VAR) jika data Multivariat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui laju pertumbuhan penduduk dataran tinggi dan dataran rendah di kabupaten Gowa pada tahun 2022 dengan menggunakan metode Vector Autoregressive (VAR). Adapun data yang digunakan yaitu data jumlah penduduk kabupaten Gowa tahun 1998 sampai dengan tahun 2016. Hasil penelitian diperoleh model VAR(1) yang digunakan untuk memprediksi laju pertumbuhan penduduk dan dapat disimpulkan bahwa laju pertumbuhan penduduk tahun 2022 di dataran tinggi dan di dataran rendah mengalami peningkatan setiap tahun. Kata Kunci : Vector Autoregressive (VAR), Penduduk Gowa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 29 Jun 2019 09:04
Last Modified: 13 Mar 2020 15:23
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item