PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTICS (CIH) DAN TABU SEARCH UNTUK PENCARIAN RUTE OPTIMAL PADA DISTRIBUSI AIR MINERAL KEMASAN PT. BUYA BAROKAH DI KABUPATEN JEPARA

Adib, Khoiruddin Fahmi (2017) PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTICS (CIH) DAN TABU SEARCH UNTUK PENCARIAN RUTE OPTIMAL PADA DISTRIBUSI AIR MINERAL KEMASAN PT. BUYA BAROKAH DI KABUPATEN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTICS (CIH) DAN TABU SEARCH UNTUK PENCARIAN RUTE OPTIMAL PADA DISTRIBUSI AIR MINERAL KEMASAN PT. BUYA BAROKAH DI KABUPATEN JEPARA)
26. 4111412048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (646kB) | Preview

Abstract

Fahmi, A. K. 2017. Penerapan Algoritma Cheapest Insertion Heuristics (CIH) dan Tabu Search untuk Pencarian Rute Optimal pada Distribusi Air Mineral Kemasan PT. Buya Barokah di Kabupaten Jepara. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Pertama Dr. Mulyono, M.Si. dan Pembimbing Kedua Drs. Mashuri M.Si. Kata Kunci: Traveliing Salesman Problem, Pendistribusian Barang, Algoritma Cheapest Insertion Heuristics(CIH), Algoritma Tabu Search, Rute Optimal, Javascript. Travelling Salesman Problem (TSP) merupakan salah satu permasalahan optimasi pada teori graf. Permasalahan TSP yaitu mengenai pencarian rute optimal untuk mengunjungi semua kota tepat satu kali dan kembali ke kota asal. Tujuan dari penelitian ini adalah meminimumkan jarak tempuh pendistribusian barang PT. Buya Barokah sehingga diperoleh rute optimal. Ada banyak algoritma untuk memecahkan masalah Travelling Salesman Problem (TSP), diantaranya yaitu algoritma Cheapest Insertion Heuristics (CIH) dan algoritma Tabu Search. Pada penelitian ini, pencarian rute optimal dilakukan dengan menggunakan pehitungan menggunakan program yang dibangun dengan Javascript, yang berdasarkan kedua algoritma tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil penyelesaian Travelling Salesman Problem (TSP) menggunkan kedua algoritma, ditambah program yang dibangun dengan Javascript, menghasilkan rute pengiriman terpendek dengan panjang 86,2 Km. Hal ini menandakan bahwa pemilihan rute pendistribusian yang biasa dilakukan oleh PT. Buya Barokah lebih panjang jika dibandingkan dengan hasil pencarian dengan menggunkan kedua algoritma yaitu sepanjang 86,2 Km, sedangkan jika menggunakan cara lama dari PT. Buya Barokah rute yang dilalui sepanjang 107,5 Km. Oleh karena itu, jika pencarian rute optimal ini dilakukan dengan menggunakan kedua algoritma dapat memangkas jarak tempuh hingga 21,3 Km. Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu untuk PT. Buya Barokah dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan rute pendistribusiannya. Kemudian untuk penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lagi dalam permaslahannya misalkan ditambahkan waktu tempuh, ataupun biaya distribusi. Serta dapat mengembangkan aplikasi javascript yang telah ada, agar kedepannya lebih efektif ketika digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 22 Jun 2019 09:06
Last Modified: 22 Jun 2019 09:06
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item