RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISTEM INFORMASI AKADEMIK LABSCHOOL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERBASIS ANDROID

Abdul, Hariyanto (2017) RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISTEM INFORMASI AKADEMIK LABSCHOOL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERBASIS ANDROID. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN APLIKASI MOBILE SISTEM INFORMASI AKADEMIK LABSCHOOL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERBASIS ANDROID)
2. 4111411001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (851kB) | Preview

Abstract

Abdul Hariyanto. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Sistem Informasi Akademik Labschool Universitas Negeri Semarang Berbasis Android. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing pertama Endang Sugiharti, S.Si.,M.Kom dan Pembimbing kedua Riza Arifudin, S.Pd.,M.Cs. Kata kunci: Android, aplikasi, mobile, sistem akademik, Labschool. Labschool Universitas Negeri Semarang adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan teknologi informasi pada sistem pembelajarannya. Teknologi informasi yang telah dikembangkan Labschool saat ini adalah SIAKAL (Sistem Informasi Akademik Labschool). Masalah selanjutnya adalah ketika perkembangan teknologi mobile sudah jauh berkembang menjadikan SIAKAL susah untuk dibuka dengan perangkat mobile, karena tampilan masih belum responsive. Salah satu cara mengantisipasi hal tersebut adalah dengan membuat aplikasi mobile sistem informasi akademik Labschool Universitas Negeri Semarang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana merancang dan membangun aplikasi mobile sistem informasi akademik Labschool Universitas Negeri Semarang berbasis Android? (2) Bagaimana implementasi rancang bangun aplikasi mobile sistem informasi akademik Labschool Universitas Negeri Semarang agar dapat membantu pengguna dalam memperoleh informasi Labscool Universitas Negeri Semarang? Dalam penelitian ini aplikasi dikembangkan dengan metode waterfall, dengan proses analisa sistem, desain sistem, pembuatan sistem, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode Blackbox dan pengujian oleh user. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Proses pembuatan aplikasi menggunakan metode waterfall. Pada pembuatan aplikasi, peneliti aplikasi menggunakan app Inventor dan bahasa pemrograman PHP sgb6 erta pengujian aplikasi menggunakan metode Blackbox dan pengujian kepada user. (2) Berdasarkan hasil kuesioner lebih dari 80% responden mengatakan mudah dalam mendapatkan informasi akademik maupun non akademik dari Labschool. Serta aplikasi dapat berjalan dengan baik pada perangkat android dengan versi 4.2 Jelly Bean sampai 4.4 Kitkat yang memiliki ukuran layar yang berbeda, sehingga dapat teimplementasikan dengan baik. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Tampilan dan performa aplikasi dapat diperbaiki sehingga dapat terlihat lebih menarik dan tidak terkendala untuk android yang memiliki Ram kecil. (2) Untuk penelitian selanjutnya dapat dibuat aplikasi untuk perangkat dari sistem operasi lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 22 Jun 2019 09:06
Last Modified: 22 Jun 2019 09:06
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item