Peningkatan Aktualisasi Diri dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Team-Games-Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Slarang 02 tahun 2019 PROPOSAL PENELITIAN Diajukan kepada Dosen Pembimbing Dr.Umi Zulfa, M.Pd Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan 168402017716500 Oleh: Lutfi Nurul Isnaeni Rahmawati NIM. 17862061014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL-GHAZALI 2019 Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian ini yang berjudul “Peningkatan Aktualisasi Diri dalam Pembelajaran IPS melalui Metode Team-Games-Tournament (TGT) pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Slarang 02 tahun 2019”. Proposal penelitian ini disusun sebagai salah satu syarat untuk tugas akhir semester 4 mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan”. Penulis mengucapkan terimakasih atas bimbingan, bantuan, dan dukungannya kepada : Drs. KH. Nasrullah Mukhson, Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap Lumaur Ridlo, M.Pd, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap Muniriyanto, M.Pd, Ketua Program Studi PGSD Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap Dr. Umi Zulfa, M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu memberikan bimbingan, dorongan dan masukan dalam penyusunan proposal penelitian ini. Marfu’ah, S.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri Slarang 02 yang telah memberikan izin penelitian di kelas IV. Segenap guru dan staf karyawan SD Negeri Slarang 02 yang telah membantu dalam penyusunan proposal penelitian ini. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian. Penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca sebagai perbaikan lebih lanjut. Semoga proposal penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Cilacap, 18 Juni 2019 Penulis Lutfi Nurul Isnaeni R. DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL i KATA PENGANTAR ii DAFTAR ISI iv DAFTAR TABEL BAB I PENDAHULUAN 1 Pendahuluan 1 Definisi Operasional 6 Rumusan Masalah 6 Tujuan Masalah 6 Manfaat Penelitian 7 Manfaat Teoritis 7 Manfaat Praktis 7 Telaah Pustaka 8 BAB II KAJIAN TEORI 10 Belajar 10 Belajar Mengajar 14 Prestasi Belajar Siswa 18 Motivasi Belajar 20 Media Pembelajaran 22 Kerangka Berpikir 28 BAB III METODOLOGI PENELITIAN 30 Jenis Penelitian 30 Prosedur Penelitian 31 Subjek dan Lokasi Penelitian 32 Metode Pengumpulan Data 35 Teknik Analisis Data 36 DAFTAR PUSTAKA 37