?

Keterampian Komunikasi Konselor Sebaya untuk Menyelesaikan Masalah Siswa di MA Yabaaki Kesugihan

Tatang, Agus Pradana and Dina, Aprilianti (2020) Keterampian Komunikasi Konselor Sebaya untuk Menyelesaikan Masalah Siswa di MA Yabaaki Kesugihan. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
TAP TS-1 Keterampilan komunikasi konselor sebaya untuk menyelesaikan masalah.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Kegiatan konseling sebaya sering kali terhambat dikarenakan konseli yang kesulitan dalam menyampaikan masalahnya kepada konselor sebaya. Salah satu hal yang menyebabkan hal tersebut adalah keterampilan komunikasi dari konselor sebaya. Keterampilan komunikasi konselor dapat membuat konseli merasa aman dan nyaman sehingga mereka dapat menceritakan masalah yang dimiliki, maupun sebaliknya dimana konseli justru akan merasa canggung dan tidak nyaman dalam menceritakan masalah yang dimiliki. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi konselor sebaya dapat membantu siswa dalam mengatasi masalahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif analitik, dimana peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan secara komprehensif, holistic, integrative, dan mendalam mengenai suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat ini dan berhubungan langsung dengan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah keterampilan komunikasi konselor sebaya yang baik dapat membantu konseli dalam prosesnya menyelesaikan masalah yang dimiliki. Sebaliknya keterampilan komunikasi konselor yang buruk akan membuat konseli merasa tidak nyaman dan bingung untuk menyelesaikan masalah yang dimiliki.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:08
Last Modified: 07 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item