?

Hubungan Self Regulated dengan Prestasi Belajar Siswa SMA dikabupaten Cilacap

Tatang, Agus Pradana and Tarisa, Yulis (2020) Hubungan Self Regulated dengan Prestasi Belajar Siswa SMA dikabupaten Cilacap. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
TAP TS-1 Hubungan self regulated dengan prestasi belajar siswa SMA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview

Abstract

Capaian hasil belajar merupakan output dari proses kegiatan belajar siswa yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Self-regulated merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi capaian prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara selfregulated dengan capaian prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan adalah 212 orang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Cilacap, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah angket self-regulated learning (GADSER) dan untuk capaian prestasi belajar menggunakan nilai murni hasil ujian semester siswa. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan analisis jalur menjawab pertanyaan penelitian dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan postitif yang signifikan antara self-regulated dengan capaian prestasi belajar siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Artinya semakin tinggi self-regulated learning maka semakin tinggi pula capaian prestasi belajar siswa. Dengan demikian untuk mneingkatkan prestasi belajar siswa, guru dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap selfregulated learning siswa.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:08
Last Modified: 07 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item