?

Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa melalui LayananInformasi Karir pada Siswa MA MINAT

Tatang, Agus Pradana and Ahda, Nofal Nurfaiq (2021) Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa melalui LayananInformasi Karir pada Siswa MA MINAT. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
TAP TS - Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Melalui Layanan Informasi Karir pada Siswa MA.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview

Abstract

Pemahaman karir memiliki peran penting di dalam sebuah pengambilan keputusan karir. Bagi siswa yang mempunyai pemahaman karir yang tinggi dapat membantu untuk menentukan pilihan karirnya, pemahaman karir peserta didik diperoleh dengan cara memahami dirinya dan mencari berbagai informasi yang digunakan sebagai penunjang alternatif karir. Permasalahan siswa dalam pemahaman karir ini juga ditemui di salah satu sekolah di Cilacap yaituMA Minat Kesugihan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk upaya meningkatkan pemahaman karir siswa sekolah menengah dengan menggunakan layanan informasi karir. Pengumpulan data awal siswa yaitu dengan beberapa teknik, diantaranya yaitu menyebarkan Angket Kebutuhan Siswa, wawancara dengan guru BK, dan menyebarkan angket pre-test kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Eksperimen Pretest Posttest One-Group Design. Teknik untuk analisis dan pengolahan data menggunakan uji Wilcoxon signed rank test dengan (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman karir peserta didik dengan presentase sebesar 43% setelah diberikan layanan informasi karir.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:08
Last Modified: 07 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item