?

Efektifitas teknik CR (Cognitif Resructuring) dalam BimbinganBelompok untuk Mengatasi Irasional Belief pada Siswa Korban Bullying.

Tatang, Agus Pradana and Eli, Indriyana (2019) Efektifitas teknik CR (Cognitif Resructuring) dalam BimbinganBelompok untuk Mengatasi Irasional Belief pada Siswa Korban Bullying. UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.

[img]
Preview
Text
Efektifitas teknik CR (Cognitif Resructuring).pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview

Abstract

Tindakan bully merupakan tindakan abnormal yang akan menimbulkan irrational belief pada korbannya. Korban akan meyakini pikiran-pikiran irasional mereka mengenai tindak bullying tersebut. Hal ini menjadi perhatian bagi konselor untuk membantu konseli untuk mnegatasi irrational belief yang mereka miliki. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dari layanan konseling kelompok menggunakan metode cognitive restructuring (CR) untuk membantu siswa korban bully dalam mengatasi irrational belief yang dimiliki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu. Sampel dari penelitian adalah 8 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Cilacap, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan jika konseling kelompok teknik cognitive restructuring efektif digunakan untuk mengatasi irrational belief siswa korban bully di SMA Negeri 2 Cilacap. Hal ini berarti siswa dengan irrational belief yang diakibatkan karena menjadi korban bully dapat dibantu dengan menggunakan layanan konseling tersebut. Dimana siswa yang telah mendapati layanan menunjukkan perubahan pola pikir dan perilaku.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:08
Last Modified: 07 Jun 2023 08:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1388

Actions (login required)

View Item View Item