Aris, Naeni Dwiyanti and Galuh, Rahayuni and Esti, Anggraini and Annisa Fitri, Maula Ramdhani (2020) EFEKTIVITAS LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. -. (Unpublished)
|
Text
Efektivitas laboratorium virtual berbasis pendidikan karakter.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Krisis moral pelajar saat ini menjadi sorotan yang serius. Mulai dari maraknya tawuran pelajar hingga yang sering dilupakan yaitu kepedulian pelajar terhadap lingkungan sekitar. Bidang pendidikan menjadi salah satu pilar utama dan menjadi ujung tombak yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan krisis moral tersebut. Salah satu kebijakan nasional dari pemerintah yaitu penerapan pendidikan karakter di sekolah-sekolah. Kebijakan ini dimulai dari penyisipan penilaian sikap siswa hingga penyisipan nilai-nilai moral di semua mata pelajaran. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dalam wujud keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan pertimbangan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut . Pendidikan karakter menjadi sesuatu yang diabaikan dalam muatan pembelajaran ilmu eksakta, yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam mata pelajaran IPA banyak sekali konsep-konsep yang bisa dikemas menjadi suatu pendidikan karakter saat praktikum. Materi IPA pada tema Pahlawanku yang memuat materi tentang sifat-sifat cahaya menjadi salah satu materi yang dapat disisipi pendidikan karakter. Karakter dari materi sifat cahaya adalah materi pelajaran berpraktik. Kompetensi pengetahuan dalam materi ini adalah menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan, sedangkan kompetensi keterampilannya adalah menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya. Sehubungan dengan bumi Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki intensitas sinar matahari yang melimpah sehingga materi ini sesuai untuk memupuk karakter nasionalis (cinta tanah air), religius (toleransi), mandiri (kreatif), integritas (komitmen moral/ tanggung jawab) dalam diri siswa.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Depositing User: | Rizki Handayani S.I.Pust |
Date Deposited: | 15 Jan 2023 12:47 |
Last Modified: | 15 Jan 2023 12:47 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1309 |
Actions (login required)
View Item |