?

Analisis Butir Soal Ulangan Harian siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Galuh, Rahayuni and Aris, Naeni Dwiyanti and Khusnul, Khotimah and Riham, Nur ibtizam (2022) Analisis Butir Soal Ulangan Harian siswa Kelas IV Sekolah Dasar. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
78 Analisis Butir Soal Ulangan Harian siswa Kelas IV Sekolah Dasar LAPORAN PENELITIAN.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitini ini adalah untuk menganalisis tingkat kualitas soal yang terdiri dari tingkatan kesukaran, daya pembeda soal, validitas butir soal, dan reliabilita. Analisis butir soal dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas butir soal melalui revisi atau membuang soal yang tidak efektif, dan dapat digunakan sebagai informasi diagnostik padasiswa, apakah mereka sudah memahami materi yang telah diajarkan. Sebagian besar guru merasa kesulitan dalam melakukan analisis tes dan kemampuan dalam menyusun tes hasil belajar tergolong masih rendah. Kualitas butir soal dapat diketahui dengan melakukan analisis butir soal, agar guru dapat mengetahui kualitas setiap butir soal sekaligus kemampuan siswa didiknya sehingga butir soal tersebut dapat menyesuaikan dengan kemampuan rata-rata yang dimiliki oleh siswa. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi seperti lembar soal ulangan harian buatan guru, kunci jawaban dan lembar respon siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata tingkat kesukaran butirnya sedang yang berada pada rentang -2,51 sampai 1,46. Nilai Fungsi informasi tes sebesar sebesar 27,134 pada kemampuan 0,0368 logit dan kesalahan pengukuran sebesar 0,19197. Tingkat kemampuan siswa 64% sedang yang dibuktikan dengan 77,78% butir telah dikuasai oleh siswa.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Jan 2023 08:01
Last Modified: 15 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item