?

PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BACA ANAK SD

Wahyu, Nuning and Gigih, Winandika and Naela, Kamela and Karisatul, Maula (2022) PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BACA ANAK SD. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS_WAHYU NUNING_PERAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BACA ANAK.pdf

Download (543kB) | Preview

Abstract

PeranOrangtuadalam Mengembangkan MinatBacaSiswa SD121Manado. Pendahuluan:Perpustakaan Nasional menyatakan minat atau budaya membaca buku di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di daerah terpencil atau desa-desa hingga saat ini masih rendah atau kurang menggembirakan."Belum menggembirakan ini salah satunya bukan karena tidak minat, melainkan ketersediaan buku yang bisa merangsang mereka untuk membaca juga kurang," kata Kepala Pusdiklat Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Gardjito saat menjadi pembicara dalam talkshow di festival budaya pustaka yang digelar di Kebun Bibit Bratang Surabaya, Sabtu.Selain itu, lanjut dia, masyarakat Indonesia lebih kuat pada budaya lisan dari pada budaya membaca."Apalagi saat ini ada budaya mendengar," katanya.UNESCO pada 2012 mencatat indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya dalam setiap 1.000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat membaca. Sedangkan UNDP merilis angka melek huruf orang dewasa Indonesia hanya 65,5 persen, sementara Malaysia sudah mencapai 86,4 persen. Menurut dia,harus ada upaya bersama yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat baca, salah satunya harus dimunculkan dari lingkungan keluarga.Untuk itu, lanjut dia, Perpustakaan Nasional meminta dukungan agar rancangan UU sistem perbukuan bisa segera disahkan agar keinginan untuk meningkatkan minat baca tercapai."Kita juga sudah berupaya untuk memberikan bantuan perpustakaan di desa-desa dan mobil keliling.Maka kami minta semua ini didukung masyarakat. Metode: Penelitian ini menggunakanSOR(stimulus organism, responini) teori, dan metode penelitian deskriptif. Hasil:Ada 41responden dalam penelitian ini didasarkan pada data jumlahsiswa yang diperoleh pada121 Negara, ketika subjek besar dantidak bisamenjangkau semua sampel yang diambil antara 10-15% atau lebih. Sementara itu, jika subjeknyakurang dari.1 00, lebih baik diambil semuanya, dan dalam hal inijumlahsampel yang diambildalam penelitian ini adalah30% dari140orang tuaperwakilanJadi ukuran sampel dianggap untuk penelitian ini adalah41.Saran:diperkirakan akan lebih berupaya untuk mensosialisasikan siswa mereka untuk lebih memanfaatkan perpustakaan sekolah.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 15 Jan 2023 05:17
Last Modified: 15 Jan 2023 05:17
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item