?

PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SD

Urip, Umayah and Aris, Naeni Dwiyanti and Diah, Galuh and Naela, Kamela (2021) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR DI SD. -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
86PENGARUH MEDIAINTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN DARING TERHAD.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pendidikan di Indonesia dilakukan dengan menerapkan kurikulum 2013 melalui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tematik. Keefektifan Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatakan dalam pembelajaran yang dikembangkan dengan cara mengaitkan beberapa aspek antar mata pelajaran yang berkaitan sehingga siswa dapat memeroleh pengetahuan dan keterampilan yang utuh dan membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pembelajaran tematik memberikan kesempataan seluas–luasnya terhadap siswa untuk dapat mengembangkan pengetahuan dengan menjawab pertanyaan sendiri dan memuaskan rasa keingintahuan dengan mencari sendiri pada dunia sekitar mereka. Pada pembelajaran kurikulum 2013 guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu kepada siswa, namun juga dituntut kreatif dalam menyampaikan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai maksimal. Selain itu guru sebagai pendidik pada generasi penerus bangsa memiliki peran penting sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pengembangan sikap dan pengetahuan siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai bidang ilmu, yakni dengan memanfaatkan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan dapat memberikan dampak positif, seperti munculnya proses pembelajaran yang lebih kondusif, umpan balik dalam belajar mengajar, dan tercapainya prestasi belajar yang optimal. Media pembelajaran pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali. Media pembelajaran berfungsi untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan perhatian siswa, mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu, dan memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Penggunaan media pada tingkat sekolah dasar merupakan hal yang penting, mengingat bahwa usia siswa sekolah dasar merupakan tahapan operasional konkret.

Item Type: Other
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 14 Jan 2023 11:07
Last Modified: 14 Jan 2023 11:07
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1273

Actions (login required)

View Item View Item