?

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI UNTUK SISWA SEKOLAH MI AL-MA’ARIF RAWAJAYA BANTARSARI

Aris, Naeni Dwiyanti and Wahyu, Nuning and Diah, Galuh and Gita, Cahyani (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI UNTUK SISWA SEKOLAH MI AL-MA’ARIF RAWAJAYA BANTARSARI. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DAN NUMERASI UNTUK SISWA SEKOLAH MI AL-MA’ARIF RAWAJAYA BANTARSARI. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
TS-2 ARIS NAENI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MI MAARIF 2 BAJINGKULON KROYA_..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di era digital sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hal ini dikarenakan penggunaan media ini dapat menumbuhkan pembelajaran yang lebih efektif. Ada banyak pilihan media pembelajaran yang dapadigunakan, salah satunya adalah media berupa video pembelajaran. Selain dapat memudahkansiswa memahami konsep dari materi yang dipelajari, video pembelajaran juga bisamendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan guna melihat efektivitas literasi dan numerasi pembelajaran terhadap kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. Desain eksperimen yang digunakan adalah post test only control group design dan teknik analisis data penelitian menggunakan uji manova. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes kemampuan literasi numerasi siswa, dan angket literasi digital siswa. Subjek penelitian adalah Siswa Sekolah Mi Al-Ma’arifRawajaya Bantarsari. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji multivariate diperoleh bahwa H0 ditolak. Berdasarkan uji lanjut menggunakan uji T2 Hotelling diperoleh bahwa H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi danliterasi digital siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran di kelas efektif ditinjau dari kemampuanliterasi numerasi dan kemampuan literasi digital siswa.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 13:04
Last Modified: 13 Jan 2023 13:42
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item