?

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar

Mawan, Akhir Riwanto and Galuh, Rahayuni Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Kelas Atas Sekolah Dasar. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ANALISIS PENILAIAN SIKAP SAINS GURU MI Panisihan.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran IPA interaktif berbasis keterampilan proses untuk kelas atas Sekolah Dasar, dan (2) menyusun panduan pengembangan media pembelajaran IPA interaktif berbasis keterampilan proses untuk kelas atas Sekolah Dasar. Penelitian yang diusulkan ini termasuk penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam kurun waktu 1 tahun dimulai dari bulan Januari-Desember 2018. Penelitian dan Pengembangan Diawali dengan melakukan observasi kebutuhan isi media pembelajaran IPA interaktif dilanjutkan dengan produksi media pembelajaran, selanjutnya dilakukan uji coba penggunaan media pembelajaran, jika terdapat kekurangan maka dilakukan perbaikan. Tahapan selanjutnya adalah publikasi melalui seminar dan sebagai tahap akhir adalah pembagian media pembelajaran IPA interaktif ke sekolah dasar di lingkungan kabupaten cilacap. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini antara lain guru dan siswa Sekolah Dasar, ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran IPA interaktif berbasis keterampilan proses sains yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran IPA untuk kelas IV kurikulum 2013. Dalam media pembelajaran ini terdapat 9 tema yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam mempelajari materi IPA sekaligus melatih keterampilan proses sains yang ada pada siswa; 2) Kualitas media pembelajaran IPA interaktif berbasis keterampilan proses sains untuk kelas atas sekolah dasar menurut penilaian ahli media, ahli materi, guru, dan siswa masuk dalam kategori baik dan pengguna tidak mengalami kesulitan padasaat mengoperasikan media pembelajaran ini.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 12:25
Last Modified: 13 Jan 2023 12:25
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item