?

ANALISIS MANFAAT GAWAI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SD KELAS BAWAH

Wahyu, Nuning and Mawan, Akhir Riwanto (2020) ANALISIS MANFAAT GAWAI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SD KELAS BAWAH. ANALISIS MANFAAT GAWAI DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SD KELAS BAWAH. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1. ANALISIS MANFAAT GAWAI UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA (2020-2021)_WAHYU NUNING B.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penggunaan gawai dalam pembelajaran berbicara anak usia prasekolah hingga usia SD kelas bawah berada dalam fase perkembangan bahasa secara ekspresif, yang artinya anak bisa mengungkapkan keinginan, pendapat, dan penolakannya melalui bahasa lisan. Dampak negatif bagi anak cenderung hanya fokus pada gawai dan malas untuk melakukan aktifitas fisik. Hal ini menyebabkan anak tidak melakukan kegiatan sosialisasi, yang mempengaruhi nilai sosial anak. Penggunaan media gawai dalam proses belajar pasti memiliki nilai positif dan negatif bagi orang tua, tetapi orang tua selaku pendamping belajar mampu mengarahkan anak kepada sisi positif media tersebut untuk proses pembelajaran dan perkembangan anak karena merupakan usia emas bagi pertumbuhan dan perkembangan otak mereka diwaktu usia anakanak. Gawai sebagai sarana belajar tidak hanya memberi kontribusi pada pencapaian kognitif, namun juga terhadap kemampuan berbahasa mereka. Metodologi dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. manfaat yang di dapatkan siswa dengan menggunakan gawai a) sebagai media belajar siswa b). Sebagai pusat informasi c). Menambah wawasan siswa d) dan alat untuk memudah komunikasi. Dan kendala yang dihadapi siswa a) siswa harus mengeluarakan uang untuk menbeli paket internet pada saat belajar b) siswa yang tidak mempunyai gawai c) kurang motivasi siswa pada saaat belajar di rumah.

Item Type: Article
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 13 Jan 2023 10:08
Last Modified: 13 Jan 2023 10:08
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item