Ahmad, Fajrun (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
|
Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika pada materi perkalian dan pembagian untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar menggunakan software Articulate Storyline 3 yang dilatarbelakangi oleh belum tercapainya ketuntasan minimal oleh sebagian besar siswa, selain itu belum adanya media belajar mandiri yang dapat membantu siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendapatkan produk media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran melalui angket respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 3 SD Negeri Ciwuni 02 Kesugihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu (1) analysis (analisis), meliputi: analisis masalah dan analisis kebutuhan, (2) design (desain), meliputi: garis besar isi media, jabaran materi, pembuatan flowchart, storyboard, dan naskah media, (3) tahap development (pengembangan), meliputi pengumpulan materi dan bahan-bahan seperti icon dan background, pembuatan produk, pengujian ahli, revisi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, (4) tahap implementation (pelaksanaan), meliputi uji produk akhir kepada pengguna yaitu siswa kelas 3 SD Negeri 02 Kesugihan dengan jumlah sebanyak 26 siswa. (5) tahap evaluation (evaluasi).Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil pengembangan media pembelajaran interaktif matematika pada materi perkalian dan pembagian kelas 3 berupa aplikasi android dengan format *.apk, (2) media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 90,56% dari ahli bahasa, 72,50% dari ahli materi, 93,33% dari ahli media, serta 80,53% dari pengguna.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Articulate Storyline |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Ngarifin S.Kom.I |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:21 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1214 |
Actions (login required)
View Item |