?

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJAEAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASARMADRASAH IBTIDAIYAH

Siti, wahidah (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL DALAM PEMBELAJAEAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASARMADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah guru masih kesulitan membuat instumen penilaian sikap sosial pada kelas iv sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap sosial yang valid dan reliabel dalam pembelajaran tematik kelas IV Sekolah dasar/Madrasah ibtidaiyah. penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen penilaian sikap sosial, dan instrumen validasi ahli. Penelitian ini dilakukan di beberapa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di kecamatan Binangun. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap sosial dalam pembelajaran tematik kelas IV Sekolah dasar/Madrasah ibtidaiyah sudah tepat, dibuktikan dengan hasil rata-rata akhir validasi oleh ahli yaitu 0,8 ≤ v ≤ 1 dengan kriteria sangat tinggi, berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh nilai tiap butir instrumen yaitu r_pbi ˃ r_t, sehingga keseluruhan butir instrumen dikatakan valid serta hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil sebesar 0,864 maka instrumen memiliki reliabilitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instrumen Penilaian, Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ngarifin S.Kom.I
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:49
Last Modified: 06 Sep 2022 03:49
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item