Siti, Faiqotur Rohmah. (2021) HUBUNGAN ANTARA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V.A MI Ya BAKII KALISABUK 02 TAHUN PELAJARAN 2020-2021”. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu aktivitas Gerakan Literasi Sekolah adalah membaca buku selama 15 menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Budaya baca dan minat baca yang tinggi serta fasilitas perpustakaan yang lengkap mampu mengembangkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis serta meningkatkan prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI membutuhkan semua aspek keterampilan seperti membaca, menulis, menyimak dan berbicara, yang mana semua aspek ini tertuang dalam aktivitas Gerakan Literasi Sekolah. Tapi pada kenyataannya fasilitas buku bacaan di perpustakaan kurang memadai dan banyak peserta didik yang minat bacanya masih rendah sehingga prestasi belajar Bahasa Indonesia masih ada yang belum memenuhi KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan dan positif antara Gerakan Literasi Sekolah (X) dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Y) peserta didik kelas V.A MI Ya BAKII Kalisabuk 02 tahun pelajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan questionere atau angket dan tes. Selain itu untuk memperoleh data yang mendukung penulis menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V.A MI Ya BAKII Kalisabuk 02 tahun pelajaran 2020-2021. Hal ini dilihat dari nilai korelasi antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,489 bernilai positif dan termasuk tingkat korelasi sedang. Kemudian dikonsultasikan dengan r tabel product moment pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,334. Dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Karena r_(hitung )=0,489> r_tabel=0,334 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,003<0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Ngarifin S.Kom.I |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:47 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:47 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1208 |
Actions (login required)
View Item |