?

PENERAPAN METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI DARWATA MERNEK TAHUN 20172018

Ramah, Sulistiya Iriyani (2022) PENERAPAN METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI DARWATA MERNEK TAHUN 20172018. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE WAHDAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS SISWA KELAS III MI DARWATA MERNEK TAHUN 20172018.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa adanya kondisi awal pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Sehingga yang menjadi tujuan peneliti adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan metode wahdah pada siswa kelas III A MI Darwata Mernek Tahun Pelajaran 2017/2018; (2) Untuk mengetahui terdapat peningkatan atau tidak setelah penerapan metode wahdah pada pembelajaran Al Qur’an Hadits materi Surat Al Qari’ah pada siswa kelas III A MI Darwata Mernek Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada semester II tepat pada tanggal 23 Maret 2018 – 13 April 2018 yang dilaksanakan dua kali siklus di kelas III MI A Darwata Mernek dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode wahdah pada kelas III A di MI Darwata Mernek dilaksanakan untuk mendukung terkuasainya kemampuan baca tulis Al Qur’a mengingat kebutuhan nyata di lingkungan siswa tinggal. Carapenerapannya, yaitu sebelum siswa mulai pelajaran pertama di MI Darwata Mernek kelas III A melakukan pembiasaan untuk menghafalkan mufrodat atau ayat-ayat baru diberikan guru di MI tersebut untuk mendukung penguasaan kemampuan baca tulis Al Qur’an. Yang mana dalam konteks penelitian ini siswa diberi materi surat Al Qari’ah untuk dihafalkan dengan metode wahdah, yaitu dengan cara guru memandu siswa menghafalkan mufrodat atau ayat demi ayat dari surat Al Qari’ah sampai selesai, kemudian siswa dibimbing untuk dapat membaca dan menuliskan mufrodat atau ayat demi ayat dengan bermodalkan memori hafalan yang telah dikuasai oleh siswa. Berdasarkan hasil tes pada siklus I dan II diperoleh hasil pada siklus I nilai rata�rata siswa meningkat menjadi 75,88 dengan ketuntasan 70,58% setelah menerapkan metode wahdah. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu menjadi 87,70 dengan ketuntasan 88,23% setelah menerapkan metode wahdah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode wahdah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur’an materi surat Al Qari’ah pada siswa kelas III A MI Darwata Mernek.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode wahdah, Peningkatankemampuan baca tulis Al Qur’ani, Materi Surat Al Qari’ah, Al Qur’an Hadits, MI Darwata Mernek
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Guru MI
Depositing User: Ngarifin S.Kom.I
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:59
Last Modified: 02 Sep 2022 03:59
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item