?

PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MINAT KESUGIHAN CILACAP

Zakiyatur, Royani (2022) PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MINAT KESUGIHAN CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MTs MINAT KESUGIHAN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan penilaian autentik dalam pembelajaran fikih di MTs MINAT Kesugihan, salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui pemahaman pembelajaran fikih yakni dengan cara tes tertulis, tes tertulis pada pembahasan ini yakni dengan cara rubrik penilaian pembelajaran fikih. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Islamiyah Nahdlatut Thulab (MINAT) Kesugihan Cilacap, penelitian ini menggunakan teknik pengembangan menurut Sugiyono, pengembangan menurut Sugiyono ada 10 langkah namun dalam hal ini penulis menggunakan 8 langkah pengembangan, tahapan pengembangan yakni potensi dan masalah, pengumpulan informasi atau data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Pengembangan penilaian autentik dalam pembelajaran fikih di MTs MINAT Kesugihan dihasilkan instrumen dengan cara penilaian tes tertulis dengan jumlah 15 butir soal uraian.Hasil kemampuan pemahaman pembelajaran fikih kategori nilai A sebanyak 19 %, nilai B 52 %, nilai C 39 %, dan nilai D 17%. Berdasarkan uji reliabilitas didapatkan dengan koefisien Spilt-Half Sebesar 0,0801 untuk item kemampuan pemahaman pembelajaran fikih dengan menggunakan rubrik penilaian adalah 0,0801 lebih besar dari 0,0800 maka instrumen tersebut dinyatakan reliabel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Penilaian Autentik, Pembelajaran Fikih
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ngarifin S.Kom.I
Date Deposited: 22 Aug 2022 16:21
Last Modified: 22 Aug 2022 16:21
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item