MUDRIKAH, ZAIN (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS.LUQMAN AYAT 12-19. Other thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI CILACAP.
|
Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS.LUQMAN AYAT 12-19.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 berdasarkan penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam tafsirnya yang sangat popular yaitu Tafsir Al-Misbah.Skripsi ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research)dengan menggunakan bahan-bahan tertulis, seperti kitab tafsir, buku dan lain-lain. Sumber data penelitian dalam skripsi ini berasal dari data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang berasal dari Al-Qur’an dan kitab tafsir karya Muhammad Quraish Shihab yaitu Tafsir Al-Misbah Pesan,Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Sedangkan data sekunder sebagai bahan pendukung pembahasan skripsi ini adalah data yang berasal dari kitab dan buku yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan islam terutama dalam pendidikan karakter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi, dalam hal ini adalah hasil penafsiran Al-Misbah terhadap Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dapat diketahui bahwa nilai –nilai pendidikan karakter dalam tafsir Al-Misbah Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 terdiri dari milai syukur, bijaksana, amal saleh, sikap hormat, ramah, sabar, rendah hati dan pengendalian diri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Pendidikan, Karakter, Pendidikan Karakter, Al-Qur’an |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Teguh Wibowo S.Pd.I |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 16:18 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 16:18 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1191 |
Actions (login required)
View Item |