?

EFEKTIVITAS METODE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP N 1 MAOS TAHUN 2020

TRI, PUJI RAHAYU (2022) EFEKTIVITAS METODE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP N 1 MAOS TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS METODE BUZZ GROUP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP N 1 MAOS TAHUN 2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sering ditemukan siswa yang tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang kurang aktif, hanya menerima penjelasan dari guru tanpa adanya komunikasi yang terjadi antara guru dan murid. Ini disebabkan karena metode yang digunakan guru tidak melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga menjadi monoton. Oleh karena itu, diperlukan metode yang efektif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat, keaktifan sekaligus prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Maos dengan siswa-siswi kelas VIII E pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Maos sebanyak 32 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes tulis, dan angket, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian (1) Metode diskusi efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya minat belajar siswa selama proses belajar mengajar menggunakan metode tersebut. Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam memungkinkan siswa belajar aktif karena siswa dituntut untuk memecahkan masalah dengan cara berdiskusi, sehingga proses pembelajaran lebih berpusat pada siswa. Data yang diperoleh melalui observasi aktivitas siswa menunjukkan keaktifan siswa sebanyak 88,63%. Kemudian persentase ketuntasan belajar siswa yang diperoleh melalui hasil tes tulis adalah 93,10%. (2) Ukuran efektif tidaknya metode diskusi dapat dilihat dari tercapainya beberapa aspek diantaranya ketertarikan belajar, keaktifan belajar, kreatifitas dan ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Diskusi, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ngarifin S.Kom.I
Date Deposited: 22 Aug 2022 16:02
Last Modified: 22 Aug 2022 16:02
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item