?

PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 CILACAP TAHUN 2021

Rizqi, Maulana Assidiq (2022) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 CILACAP TAHUN 2021. Other thesis, Univeritas Nahdltul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL RIZQI MAULANA ASSIDIQ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian di SMP Negeri 1 Cilacap adalah : (1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Cilacap. (2) Untuk mendeskripsikan problematika dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Cilacap. (3) Untuk mendeskripsikan upaya pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 1 Cilacap. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penguumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan melalui penelitian dan kajian, baik secara teoritis maupuun empiris. Hasil Penelitian di SMP Negeri 1 Cilacap yaitu : Pembelajaran pada masa pandemi virus Covid-19 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Cilacap dilakukan secara jarak jauh ( PJJ ) dan Belajar Dari Rumah ( BDR ) secara daring dan kombinasi daring dengan luring dengan kapasitas 50% daring dan 50% luring dengan cara bergantian. Permasalahan yang dihadapi di lapangan dalam proses pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan Islam di SMP Negeri 1 Cilacap antara lain; a). Guru kesulitan mengelola dan menyampaikan serta membahas materi pelajaran b). Sulit dalam mencari strategi pembelajaran yang tepat c). Tidak semua siswa memiliki HP/Android d). Signal yang tidak terjangkau e). Faktor ekonomi orang tua f). Rendahnya pengawasan orang tua dan minat beberapa siswa terhadap PJJ (Daring). g). Guru kelelahan akibat waktu kerjanya tidak terbatas. Strategi guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Cilacap dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran daring (PJJ) yaitu; 1) berpegang teguh pada tugas profesional, fokus pada pekerjaan, dan menguasai media pembelajaran daring (Google Classroom, zoom, google meet) 2) tidak mudah putus asa selalu melatih diri dan terus belajar, serta memberikan kelonggaran waktu untuk siswa 3) Komunikasi aktif dengan orang tua/wali murid melalui grup Whatsapp 4) Secara aktif mengingatkan anak didik untuk melaksanakan kewajiban belajarnya, serta mendampingi dan memfasilitasi untuk pembelajaran luring 5) melakukan home visit ke rumah peserta didik yang bermaslah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problematika pembelajaran, Covid-19, SMP Negeri 1 Cilacap
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works

A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tadzkiroh
Date Deposited: 22 Aug 2022 15:45
Last Modified: 22 Aug 2022 15:45
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item