?

EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN TAHUN 2020-2021

Nidaatul, Khasanah (2022) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN TAHUN 2020-2021. Other thesis, Univeritas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
PENGARUH MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA YA BAKII 01 KESUGIHAN TAHUN 2020-2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mengetahui bagaimana proses pembelajaran fiqih dengan metode sorogan dipondok Pesantren putri Al Ihya Ulumaddin kesugihan,(2). Mengetahui tentang tujuan metode sorogan dipondok pesantren putri Al Ihya Ulumaddin Kesugihan, (3). Menggali data tentang gambaran umum Pondok Pesantren putri al ihya ulumaddin kesugihan. Penggalian data bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode sorogan dalam pembelajaran fiqih di Pondok Pesantrenal ihya ulumaddin kesugihan. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara dengan guru sorogan dan santri di Pondok Pesantren al ihya ulumaddin yaitu pengurus seksi pendidikan, para santri, dan juga guru sorogan Pondok Pesantren al ihya ulumaddin kesugihan. Jenis penelitian ini merupakanpenelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren putri al ihya ulumaddin kesugihan, guru sorogan pembelajaran fiqih, serta sekdi pendidikan. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran fiqih.seangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Temuan penelitian mendapati bahwa: (1). Kegiatan metode sorogan dalam pembelajaran fiqih dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran(2). Tujuan dari adanya metode sorogan dalam pembelajaran fiqih yaitu: santri dapat membaca kitab kuning, santri dapat menghafal kosa kata bahasa arab, santri dapat memahami isi kitab dengan baik.(3). Efektivitas metode sorogan dalam pembelajaran fiqih yaitu sudah dikatakan cukup efektif karena bisa dilihat dari hasil data penelitian yang dilakukan peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode sorogan, pembelajaran fiqih
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tadzkiroh
Date Deposited: 22 Aug 2022 15:41
Last Modified: 22 Aug 2022 15:41
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item