PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

MAWAR, NURANI (2017) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Other thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN KAITANNYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR)
mawar nurani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

MAWAR NURANI. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika terhadap Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNM. Dibimbing oleh Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd dan Nurwati Djam’an, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, kecemasan matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas dengan sampel penelitian sebanyak 77 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 3 Sungguminasa tahun ajaran 2016/2017 yang dipilih dengan menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1 ) angket motivasi belajar, (2) angket kecemasan matematika, (3) angket kesadaran metakognisi, dan (4) tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis jalur model trimming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (2)kecemasan matematika siswa berada pada kategori sedang, (3) kesadaran metakognisi siswa berada pada kategori tinggi, (4) hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah, (5 )motivasi belajar siswa berpengaruh langsung secara signifikan terhadap keadaran metakognisi siswa, (6 ) kecemasan matematika siswa tidak berpengaruh langsung terhadap kesadaran metakognisi siswa, (7) motivasi belajar siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (8 ) kecemasan matematika siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (9 )kesadaran metakognisi siswa tidak berpengaruh langsung terhadap hasil belajar matematika siswa, (10 ) tidak terdapat pengaruh tidak langsung motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi siswa, (11) tidak terdapat pengaruh tidak langsung kecemasan matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kesadaran metakognisi siswa. Kata Kunci : Motivasi belajar, Kecemasan Matematika, Kesadara Metakognisi, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 14 Nov 2018 14:07
Last Modified: 14 Nov 2018 14:07
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item