?

PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIAH PONDOK PESANTREN ASAASUNNAJAAH KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2021

Fatin, Fathurrohmah (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIAH PONDOK PESANTREN ASAASUNNAJAAH KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2021. Other thesis, Univeritas nahdltul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
MANAJEMEN KURIKULUM MADARISUD DINIYAH NAHDLATUT THULLAB PONDOK PESANTREN AL IHYA ‘ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen kurikulum pesantren yang ada di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Cilacap, (2) mengungkap bagaimana prestasi belajar santri di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Cilacap. Berdasarkan metodenya, jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh tenaga pendidik di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap tahun 2021 yang berjumlah 30 orang dan peserta didik lulusan tahun 2021 kelas II ‘Ulya yang berjumlah 20 peserta didik. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan regresi yang sederhana. Hasil analisa data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen kurikulum di maddin PP Asaasunnajah dilihat dari hasil penilaian 30 responden menunjukkan bahwa implementasi kurikulum disini berada didalam kategori sedang yakni 53% yang berarti implementasi yang ada sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. (2) Prestasi belajar santri yang dilihat dari lulusan di maddin PP Asaasunnajaah yang berjumlah 20 peserta didik, diambil dari nila rata-rata raport berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 45%, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel implementasi manajemen kurikulum pesantren terhadap prestasi belajar santri (peserta didik) yang memperoleh 0,990. Jadi kontribusi implementasi manajemen kurikulum terhadap prestasi belajar di maddin pp Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap memiliki pengaruh yang signifikan melalui perhitungan thitung > ttabel yaitu 0,990>0,05 sehingga variabel X (manajemen kurikulum) terhadap Y (prestasi belajar) memiliki pengaruh yang signifikan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Pesantren, Prestasi Belajar Santri
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
AC Collections. Series. Collected works

A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Depositing User: Tadzkiroh
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:47
Last Modified: 23 Aug 2022 04:47
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item