Beta Fitriani, Nurzain (2022) UPAYA PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN. Other thesis, Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali Cilacap.
|
Text
UPAYA PENGEMBANGAN RANAH AFEKTIF SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DI SMA MA’ARIF NU 1 KEMRANJEN .pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap atau perilaku siswa yang dikembangkan melalui pembiasaan dan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini membahas tentang upaya pengembangan ranah afektif siswa melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan ranah afektif siswa melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna di SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat dsimpulkan bahwa pengembangan ranah afektif sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dilihat dari upaya pengembangan ranah afektif yang dilakukan SMA Ma’arif NU 1 Kemranjen yaitu melalui program pembiasaan membaca Asmaul Husna setiap pagi, dimana pembiasaan membaca Asmaul Husna sangat berperan dalam mengembangkan ranah afektif siswa khusunya sikap spiritual siswa. Upaya pengembangan ranah afektif siswa melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna didukung oleh dua faktor yaitu faktor keluarga yang baik dan faktor lingkungan sekolah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan pengembangan ranah afektif yaitu faktor kepribadian dan pergaulan siswa yang kurang baik, faktor penyalah gunaan teknologi dan internet untuk hal-hal yang negatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Specialist Studies in Education Specialist Studies in Education |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Chafid |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:28 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:28 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1113 |
Actions (login required)
View Item |