?

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS DI KIOS BERAS DO’A IBU

Chajat, Gus Hidayat (2022) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS DI KIOS BERAS DO’A IBU. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS DI KIOS BERAS DO’A IBU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4p (produk, harga, distribusi, promosi) terhadap keputusan pembelian beras di kios beras do’a ibu. Dimana semakin ketatnya persaingan bisnis, diperlukan adanya pembaruan dan pengenmbangan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan sesuai dengan sikap pembelian konsumen. Selain itu, beras merupakan kebutuhan pokok yang menjadi komoditas besar sehingga banyak para pesaing bisnis yang berlomba-lomba untuk menguasai pasar. Dari permasalahan tersebutlah yang menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 52 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode insidental. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 4 variabel independen berjumlah 18 pernyataan dan 1 variabel dependen dengan 5 item pernyataan yang secara keseluruhan dinyatakan valid dan reliabel. Data sekunder diperoleh dari jurnal, literaturi, penelitian terdahulu, internet, berita pemerintah. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi normalitas, uji multikoleniaritas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F dan uji koefesien determinasi (R²) menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi, promosi secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. dimana hasil dari Uji parsial (t) nilai signifikansi product sebesar 0,038 < 0,05 dengan nilai t hitung 2,131 > t tabel 2,01174, price 0,038 < 0,05 dengan t hitung 2,189 > t tabel 2,01174, place 0,000 < 0,05 dengan t hitung 4,034 > t tabel 2,01174, dan promotion 0,002 < 0,05 dengan t hitung 3,367 > t tabel 2,01174. Dalam uji simultan (F) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan F hitung 22,353 > F tabel 2,57. Dengan demikian H1, H2, H3, H4, H5 diterima.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (4p) dan Keputusan Pembelian
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi Manajemen
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:32
Last Modified: 23 Aug 2022 04:32
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item