UMI, PURWANTI (2017) PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn TENTANG MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SDN I KARANGGADUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, UNES.
|
Text (PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn TENTANG MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SDN I KARANGGADUNG TAHUN AJARAN 2014/2015)
33480046.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Umi Purwanti. PENERAPAN MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DENGAN MEDIA VIDEO DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PKn TENTANG MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA PADA SISWA KELAS V SD N I KARANGGADUNG TAHUN AJARAN 2014/2015, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April 2015. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model VCT dengan media video dalam peningkatan pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD N I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama di kelas V SD N I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015 menggunakan model VCT dengan media video, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model VCT dengan media video dalam peningkatan pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD N I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Pada tiap pertemuan menggunakan prosedur penelitian model spiral yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N I Karanggadung. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan model VCT dengan media video dalam peningkatan pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD N I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015 yaitu (a) tahap eksposisi, (b) tahap menyajikan stimulus berupa video, (c) tahap menentukan posisi/pilihan/pendapat, (d) menguji alasan, (e) penyimpulan dan pengarahan, dan (f) evaluasi; (2) penerapan model VCT dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SD N I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015 dengan persentase jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥75 pada siklus I 66,66 % , siklus II 80,95%, dan siklus III 92,86%., (3) kendala pelaksanaan yaitu siswa belum berani mengungkapkan atau menanggapi argumentasi temanya dan belum semua siswa mampu mengambil nilai yang akan diyakininya, dan solusi terhadap kendala tersebut adalah menciptakan kondisi yang bisa mendorong kepercayaan diri, stimulus yang disajikan harus mengandung unsur nilai yang kontras. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran PKn tentang menghargai keputusan bersama siswa kelas V SD I Karanggadung tahun ajaran 2014/2015 mengalami peningkatan setelah menggunakan model VCT dengan media video.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Komputer > Prodi Matematika |
Depositing User: | Agun Widiyanto n |
Date Deposited: | 13 Nov 2018 16:35 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 16:35 |
URI: | http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/111 |
Actions (login required)
View Item |