?

PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI) TERHADAP KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAI SD DI KECAMATAN JERUKLEGI

Awalfian Bayuh, Banggalih (2022) PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI) TERHADAP KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAI SD DI KECAMATAN JERUKLEGI. Other thesis, Universitas Nahdlatul ulama Al Ghazali Cilacap.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KKG PAI) TERHADAP KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAI SD DI KECAMAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Awalfian Bayuh Banggalih. 1723211050. Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Terhadap Kreativitas Mengajar Guru PAI SD di Kecamatan Jeruklegi. Kreatifitas adalah kemampuan pemecahan masalah yang mencakup inovasi dan penemuan dengan cara yang orisinal dan bermanfaat yang menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan sesuatu yang sudah ada. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh antara kegiatan KKG PAI dengan kreatifitas mengajar Guru PAI SD di kecamatan Jeruklegi. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan sampel sejumlah 28 respoden. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk memperoleh data variabel (X) dan variabel (Y). data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesisi penelitian menggunakan analisis pendahuluan, analisis uji prasyarat dan analisis uji hipotesis.Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan KKG PAI termasuk kategori cukup dengan nilai rata-rata 57,6429. 2) kraetifitas mengajar guru PAI SD termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 56,2143. Berdasarkan uji hipotesisi diketahui kegiatan KKG PAI (X) berpengaruh terhadap kreatifitas mengajar guru PAI SD (Y) kecamatan Jeruklegi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regeresi sederhana bahwa kegiatan KKG PAI berpengaruh positif dengan kreatifitas mengajar guru PAI SD, yaitu dapat dibuktikan dengan persamaan garis regresi Y= 29,273 + 0,333X dengan hasil F hitung = 4,105 dengan tingkat signifikansi/ probilitas 0,002 yang tidak lebih besar dari 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel kedisiplinan shalat berjamaah (Y). Dan dapat diketahui nilai t hitung = 3,542, koefisien regresi (b) sebesar 0,333 dan nilai signifikan sebesar (0,00) < Sig (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti “ada pengaruh” yang artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y, atau variabel kegiatan KKG PAI berpengaruh terhadap kreatifitas mengajar guru PAI SD di kecamatan Jeruklegi. Hal ini menunjukkan bahwa program dan kegiatan KKG PAI dalam kaitannya dengan kreatifitas mengajar Guru PAI SD di kecamatan Jeruklegi baik terbukti secara empirik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Specialist Studies in Education
Specialist Studies in Education
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Chafid
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:24
Last Modified: 16 Aug 2022 03:24
URI: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item